Rabu, 13 Juli 2011

Maestro Lagu Anak: AT Mahmud, Bapak Pelangi-Pelangi

AT Mahmud


Pelangi pelangi alangkah indahmu... Masih ingat dengan lagu ini? Lagu ini adalah salah satu dari sekitar 400 lagu anak-anak ciptaan almarhum Abdullah Totong Mahmud atau yang lebih akrab dikenal dengan nama AT Mahmud. Pak Mahmud kelahiran Palembang 3 Februari 1930. Ia mulai menyenangi seni musik gara-gara guru Belandanya menyanyikan not balok do re mi fa sol la si do secara menyenangkan.


Pada 1963, Pak Mahmud pertama mengajar TK di kawasan Halimun, Manggarai, Jakarta Selatan. Saat itu belum banyak lagu anak yang mumpuni. jadilah ia bermain gitar atau bermain organ mengiringi anak-anak TK. Ternyata lagu-lagunya disuka. 


AT Mahmud dan keluarga
Inspirasi Pak Mahmud mencipta lagu bisa datang dari mana saja. Suatu saat ia kehujanan dengan anaknya saat pulang sekolah. Anaknya berteriak girang karena melihat pelangi. Muncullah ide untuk membuat lagu Pelangi-Pelangi. Kiprah Pak Mahmud dengan lagu riangnya akhirnya merambah ke luar sekolah Halimun. Dia mengasuh program menyanyi di RRI dan TVRI.


Kata Pak Mahmud, ada tiga hal yang harus dilakukan saat menciptakan lagu anak-anak. Pertama adalah melihat perilaku anak. Kedua, mengerti pengalaman masa kecil. Terakhir, berisi pedan pendidikan pada anak-anak. Itu mengapa, Pak Mahmud merasa kecewa di ujung hidupnya ia melihat jarang keluar lagu anak-anak yang 'cerdas'. Yang dinyanyikan para bocah itu malah lagu anak-anak dengan pola pikir dewasa. Tak jarang malah anak-anak menyanyikan lagu dewasa yang belum sesuai.




Sumber




Sumber: Tabloid Janna by REPUBLIKA edisi 05, 2011

0 komentar:

Posting Komentar

 

LAGU ANAK INDONESIA Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting