Rabu, 13 Juli 2011

Maestro Lagu Anak: Ibu Sud, Ibu Lihat Kebunku

Ibu Sud
Pejuang sekaligus pendidik anak. Ibu Sud yang lahir dengan nama Saridjah Niung di Sukabumi 26 Maret 1908 adalah pencipta lagu anak-anak yang mumpuni. Lagu ciptaannya memasukkan unsur nasionalisme yang membangkitkan semangat seperti Berkibarlah Benderaku, Burung Kutilang, Lihat Kebunku, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Bendera Merah Putih, Tanah Airku.


Museum Rekor Indonesia mencatatnya sebagai mpu lagu anak-anak Indonesia. Ini karena Ibu Sud membukukan 480 lagu anak. Terbanyak sejauh ini yang pernah diciptakan. Saridjah kecil pandai bermain biola. Ia belajar biola dari ayah angkatnya, JF Kramer, Belanda yang menjadi hakim di Jakarta. Ketika remaja, Saridjah menikah dengan R Bintang Soedibjo. Jadilah Saridjah disapa sebagai Ibu Soed/Ibu Sud.


Sama halnya dengan AT Mahmud dan Pak Kasur, di zamannya mengajar di tiga sekolah di Jakarta, Ibu Soed menciptakan lagu untuk menceriakan suasana kelas. Sembari mengajar, Ibu Soed juga ikut kelompok pergerakan yang menentang Belanda. Rumahnya di Menteng bahkan pernah digeledah tentara yang curiga. Ibu Soed harus membuat pemancar radionya ke dalam sumur.
WR Supratman

Salah satu karib Ibu Soed adalah Wage Rudolf Supratman. Tahu dong WR Supratman. Komponis yang menciptakan lagu Indonesia Raya. Malahan, Ibu Soed adalah salah satu pengiring biola yang mengiringi WR Supratman membawakan Indonesia Raya pertama kali di Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.


Ibu Soed juga mendapat ilham menciptakan lagu dari kejadian perjuangan. Misalnya ketika ia melihat Jusuf Ronodipuro, pimpinan RRI saat itu menolak menurunkan bendera Merah Putih dari kantornya. Kegigihan Jusuf ini, Ibu Soed abadikan dalam lagunya: Berkibarlah Benderaku.


Sumber: Tabloid Janna by REPUBLIKA edisi 05, 2011

1 komentar:

Kak Zepe Lagu2anak.blogspot.com on 4 Februari 2012 11.29 mengatakan...

Meskipun saya tidak mengenal beliau..namun karya2 beliau masih selalu teringat di dalam benak Saya...

Salam cinta lagu2anak...

Poskan Komentar

 

LAGU ANAK INDONESIA Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting