Rabu, 13 Juli 2011

Maestro Lagu Anak: Papa T Bob, Bapak Si Lumba-Lumba

Papa T Bob
Era lagu anak-anak sempat booming di 1990-an. Salah satu tokoh yang 'berjasa' memboomingkan itu adalah penciptanya: Erwanda Lucas. Pria yang mengambil nama Papa T Bob dari nama anaknya ini adalah penulis lagu yang bertangan dingin berpena emas di zamannya. Setiap lagu yang ia tulis selalu sukses. Bintang cilik yang ia arahkan pun menjadi idola. Lihat saja Trio Kwek-Kwek, Bondan Prakoso, dan Enno Lerian.


Lagu macam 'Dicium Mama Dicium Papa', 'Nyamuk Nakal', dan 'Si Lumba-Lumba' adalah tiga dari sekian banyak hitsnya. Rekor, ia pernah sehari pindah studio hingga 10 kali untuk rekaman lagu. Bahkan di rumahnya saban pagi sudah menunggu orang tua dan anak-anak yang meminta ia menuliskan lagu.


Papa T Bob punya resep untuk menulis lagu anak-anak, yaitu ia harus melihat dulu sang anak. Tatap muka ini sangat penting agar ia bisa membayangkan lagu apa yang pantas dengan karakter si anak. Dengan alasan ini, Papa T Bob sempat menolak membuatkan lagu untuk Joshua, sebelum akhirnya mereka berdua bertemu. 


Namun sayang, karier Papa T Bob berakhir cepat. Cepatnya roda industri musik dan televisi berputar membuat lagu anak-anak tak dapat porsi lagi. Kariernya pun mandek. Lebih parah, ia terlibat judi yang dalam waktu cepat melahap harta benda yang ia kumpulkan. Judi, kata Papa T Bob, adalah salah satu cacat terbesar dalam hidupnya. Ia kini hidup jauh dari gemerlap sorotan televisi. Ia masih memegang talenta muda di pinggiran Jakarta.


Sumber: Tabloid Janna by REPUBLIKA edisi 05, 2011

0 komentar:

Posting Komentar

 

LAGU ANAK INDONESIA Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting