Rabu, 13 Juli 2011

Maestro Lagu Anak: Pak Kasur, Bapak Potong Bebek Angsa

Pak Kasur
Bapak yang satu ini juga legenda lagu anak Indonesia. Ia menulis lagu Potong Bebek Angsa, Bangun Tidur, Naik Delman, Satu-Satu, Kebunku, Sepedaku Roda Tiga. Selain bakatnya yang hebat, yang unik juga adalah namanya. Kok 'Kasur'? Selidik punya selidik, itu ternyata kependekan dari nama aslinya, Soerjono. Sejak remaja ia giat terlibat gerakan kepanduan. Di organisasi itu, angkatan muda kerap menyapanya dengan 'Kak Soer'. Lama kelamaan sapaan itu makin melekat dan dekat. Ia tak lagi disapa Soerjono, tapi sudah 'Kasur'.


Pria kelahiran Purbalingga 26 Juli 1912 ini sudah menciptakan 140 lagu anak-anak. Dan banyak yang terkenal dan melekat di ingatan. Ia bersahabat dengan mantan perdana menteri Indonesia pertama, M Natsir. Bersama istrinya, Sandiah, yang belakangan akrab dipanggil Bu Kasur, ia mendirikan kanak-kanak. Sekolahnya terkenal dengan nama TK Mini. Cabangnya ada di Cikini, Cipinang, Pasar Minggu, Bekasi, dan Tangerang. Ia pun mendirikan sekolah Taman Putera dan Taman Pemuda, setingkat SMP-SMA kini. Di antara murid-muridnya yang jadi orang adalah Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman, Broery Pesolima, Aida Mustafa, Ateng, dan Iskak. 


Megawati, salah satu murid Pak Kasur
Pak Kasur juga punya siaran radio di RRI. Lagu pengiring acaranya yang melekat adalah. "Slamat sore pak... slamat sore bu... slamat sore semuaaa..." Saban siaran, Pak Kasur pasti membawa oleh-oleh lagu baru yang riang. Dari radio, Pak Kasur melompat ke televisi. Ia mengasuh acara anak-anak di TVRI.


Sosoknya yang ramah dan lembut pada anak-anak terus terasa hingga ia tua. Tak jarang Pak Kasur masih mau bermain kuda-kudaan dengan para balita. Selain mencipta lagu, ia juga pandai mendongeng dan melawak. Ini yang membuat anak-anak lengket dengannya.


Ada satu resep yang Pak Kasur titipkan kalau ingin mengarang lagu anak-anak. Sebisa mungkin hindari penggunaan huruf 'R'. Apa sebab? Kata Pak Kasur, lidah anak-anak masih sukar untuk melafalkan 'R' bila diajak menyanyi bersama-sama.


Sumber: Tabloid Janna by REPUBLIKA edisi 05, 2011

1 komentar:

Unknown on 4 Februari 2012 pukul 11.27 mengatakan...

hai.... wah... sepertinya kita satu visi ...
Salam kenal ya... Jangan lupa mampir ke blog saya...
Salam cinta lagu2anak

Posting Komentar

 

LAGU ANAK INDONESIA Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting